Halaman

Jumat, 14 Juni 2013

Do'a ku Pengharapan ku

Do'a adalah sebuah pengharapan kepada Tuhan, sebuah bentuk persetujuan bahwa diri ini tak mampu dan tak berdaya tanpa ada ridho Nya. Dan do'a itu gak ada yang salah, kita boleh meminta apapun yang kita inginkan dan bukan bermaksud mendikte Tuhan atau memerintah. Karena di dalam Alquran Allah berfirman "

Artinya: "Dan berfirman Tuhanmu "Memohonlah (mendoalah) kepada-Ku, Aku pasti perkenankan permohonan (doa) mu itu."

Nah dari firman Allah tersebut, Allah menyuruh kita untuk berdo'a kepada Nya dan pasti akan dikabulkan. Allah sangat senang terhadap hamba Nya yang selalu meminta do'a, semakin kita sering meminta ke Allah semakin kita di cintai Nya. Sebaliknya semakin kita ga pernah berdo'a maka kita termasuk orang yang sombong.

Selain berdo'a minta dikabulkan sebaiknya do'a juga minta diberi petunjuk terbaik dan mendapatkan kebarokahan.itu merupakan satu paket yang tak terpisahkan.

Nah ini yang kadang do'a - do'a kita menjadi bumerang bagi diri sendiri karena kita tak mampu mengimplementasikan "jawaban" Allah bagaimana?.

Misal kita menginginkan sesuatu A, kita berdoa tiap hari memohon kepada Allah agar dikabulkan hajat kita tentang sesuatu A tersebut. Kita udah yakin tapi ternyata doa itu tak kunjung di jawab, lalu kita menyalahkan Tuhan atas doa yang tak di jawab- jawab tersebut. 

Padahal yang membuat do'a tersebut ga kunjung terjawab adalah karena diri kita sendiri yang mungkin masih memiliki salah sehingga Allah belum ingin mengabulkannya atau di tunda. Atau sebenarnya doa kita udah di jawab oleh Allah tapi kita tak menyadarinya, karena doa yang kita panjatkan oleh Allah di ganti dengan hal lain yang menurut Allah itu lebih baik untuk kita, tapi kita tak menyadarinya dan buru-buru menyimpulkan atau menghujat kenapa dan kenapa.

Kemudian do'a juga tidak hanya minta dikabulkan saja, tapi kita tak melakukan apa-apa dengan dalih pasrah dan tawakal berharap Allah ngasih yang terbaik tapi kita ga melakukan yang terbaik. Itu merupakan tindakan yang salah, pasrah dan tawakal itu dilakukan di akhir bukan di awal setelah berdoa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar